Minggu, 18 September 2016

Pura Batu Bolong



Pura Batu Bolong





 
Tempat wisata di Pulau Lombok yang juga sudah terkenal adalah pura Batu Balong. Pura Batu Bolong bedekatan juga dengan lokasi pantai senggigi. Dinamakan Pura Batu Bolong karena di tempat ini berdiri sebuah pura diatas batu karang yang besar.
  Pura Batu Bolong terletak di bebatuan dekat pantai senggigi, Batu Layar, sebelah barat laut kota Mataram, Lombok barat. Pura Batu bolong dengan posisi yang menjorong laut, candi ini memiliki keindahan suasana tersendiri. Tempat suci umat hindu ini sekilas akan menginngatkan kita pada pura tanah Lot yang ada di Bali.







        Dan batu karang ini memiliki lubang dibawahnya. Jadi gambaran umumnya pura Batu Bolong ini sama seperti Pura Tanah Lot Bali. Pemandangan pura batu bolong akan nampak lebih dramatis apabila saat matahari terbit atau tenggelamnya Matahari.
        Suara ombak yang menghantam batu,kemudian mengalir melalui lubang menganga serta angin laut yang bertiup akan menciptakan kejadian tersendiri bagi siapa saja yang menginjakan kakinya di Pura Batu Bolong ini.




        Di atas batu-batu besar berwarna hitam itu terdapat dua candi. Saat anda berjalan menuruni tangga, anda akan menemukan candi pertama yang berdiri dibawah naungan pohon rindang. Sedangkan candi kedua berdiri diatas batu yang naik sekitar 4 meter dan memiliki lubang dibawahnya.Suasana yang keren bukan, suasananyapun hampir sama persis dengan Pura Tanah Lot yang di Bali.

0 komentar:

Posting Komentar