Selasa, 20 September 2016

Pulau Bungin



Pulau Bungin



Pulau Bungin teletak dikecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, punya julukan sebagai pulau terpadat di dunia. Di pulau ini nyaris tidak ada lahan kosong, seluruh daratannya dipeduhi oleh rumah-rumah penduduk.
Kepadatan penduduk pula membuat pula bungin tidak memiliki garis pantai, karena sepanjang pesisir pulaunya dibangun menjadi tempat tinggal. Pulau ini memiliki luas 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa.




Jika warga yang ingin hendak membangun rumah baru, harus mereklamasi pulau dengan menguruk lautan dengan karang. Akibat bertambahnya rumah, ukuran pulau bunginpun ssemakin bertambah luas dari waktu ke waktu. Lokasinya sekitar 2 jam perjalanan dari kota Sumbawa Besar, ibu kota Kabupaten Sumbawa.
Jika ingin membuat rumah di sini tidak perlu beli tanah. Atinggal pilih lokasi di laut, kemudian buat gundukan lalu tandai dengan bendera. Nah, yang pegen buat rumah tanpa harus beli tanah datang aja ke Pulau Bungin gratis ko, malahan bisa ngeliyat pantai tiap saat. Hehe




Jarang warga Bungin yang merantu, dan mereka kebanyakan memilih menikah dantetap tinggal di Bungin. Sedangkan lahan terbuka yang luas di Bungin adalah halaman Masjid setempat, bahkan sanking sesaknya tidak ada kebuh atau pepohonan tumbuh.




Dan karena tidak ada dedaunan, sampai-sampai kambing di Bungin punya kebiasaan makan kertas dan plastik. Aduh kebayang gak sih guys, hewan makan kertas mana bisa kenyang. Tapi pesona alamnya yang begitu indah dengan pemandangan rumah penduduk yang sangat padat di atas pantai.

0 komentar:

Posting Komentar