Selasa, 13 September 2016

Liang Petang Sumbawa







Liang petang, adalah gua atau lubang  “petang”  yang  memiliki arti malam atau gelap. Sesuai namanya gua ini memang sangat gelap. Senter menjadi alat yang wajib jika kalian ingin melihat keindahan dalam gua. Dengan panjang gua 500 meter .


       Menurut berbagai cerita yang saya dengar sih gua ini  diduga sebagai gua penyebaran islam di Sumbawa karena di dalamnya terdapat bilik-bilik yang pernah dihuni. Tempat ini terletak di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Selain menyimpan pesona yang indah gua ini juga menyimpan misteri yang banyak pula loh. Di dalam gua, pengunjung akan menemui batu mayat yang konon merupakan fosil manusia yang telah membatu.





    Dan saat kita  berjalan menyusuri gua, kita dapat melihat kamar-kamar yang dijadikan tempat istirahat para penyebar syiar Islam. Bahkan di dalam gua terdapat pula batu yang bentuknya seperti makam. Bentuknya beragam dan unik  membuat pemandangannya menjadi eksotis. 



    Duh lumayan ngeri iyah, saya udah 3 4 kali kesinih tapi saya belum pernah masuk iya, wajarlah kan gelap. Dan kurang lengkap jikalau datang kesini belum bisa mengabadikan foto, tapi maaf fotonya gak saya upload, malumlah kemarin perginya pas masih smp, fotonya masih alay-alay gitu, liyat foto sendiri aja malu hehe.kalian tau tidak? Bahkan katanya Putri Pariwisata Indonesia 2014 pernah berkunjung ke Liang Petang loh, keren bukan. 




    Selain daya tarik wisatanya, gua ini diyakini juga gua keramat loh. Di dalam gua terdapat tempat yang di khususkan untuk bertapa,  batu yang bentuknya seperti makam, batu berbentuk manusia dan lain-lain. Mungkin saat kamu berkunjung ke Bali bisa dilanjutkan ke Lombok , setelah itu melanjutkan perjalanan selama 6-7 jam ke Sumbawa Besar. Anda juga bisa menggunakan jalur udara, namun tidak setiap hari ada penerbangan ke Sumbawa loh, jadi harus atur jadwal dulu sebelum berkunjung kesini. Yuk, liburan kesumbawa. :)

0 komentar:

Posting Komentar