Sabtu, 10 September 2016

Pulau Satonda Misterius



Pulau Satonda Uniknya Sebuah Misterius di Nusa Tenggara Barat





Daya tarik yang paling utama di pulau satonda adalah Air Asin. Provinsi Nusa Tenggara Barat terdapat banyak pulau-pulau kecil yang indah tersebar di banyak di sekitar  pulau Sumbawa dan pulau Lombok. Salah satunya disini adalah pulau satonda , yang tepatnya berada diujung barat Kabupaten Dompu atau di Desa Nangamiro. Pulau ini banyak menyimpan keindahan yang belum banyak orang yang tahu. Pulau yang ini merupakan sebuah daratan yang terbentuk oleh letusan Gunung Api, dari dasar laut jutaan tahun lalu.
         Pulau ini akan terlihat terpesona apabila di pandang dari puncak Gunung Tambora yang letaknya mungkin sekitar 30 kilometer. Banyak yang ngomong loh kurang lengkap rasanya jika belum mendaki gunung  Tambora. Kabarnya sih aku denger Pulau Satonda lebih terkenal dikalangan wistawan mancanegara. Di daerah pesisir PulauSatonda kita dapat hamparan pasir putih pantai yang bersih dan mempesona . Pulau Satonda diperkirakan danau air asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus ( mirip dengan danau  kakaban).
       Mungkin karena jarak Pulau Satonda dengan gunung Tambora sangatlah dekat, seperti
yang kita ketahui letusan gunug Tambora letusan gunug yang sangat dahsyat  sehingga menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang dahsyat pula. Dan di tengah danau terdapat Air Asin. Katanya sih jika dihubungkan dengan cerita rakyat, sebenarnya pulai ini adalah pulau larangan atau pulau terkutuk dan tidak boleh diperbolehkan siapapun untuk mendiaminya karena Pulau Satonda merupakan tempat pengasingan puteri Dae Minga. Tapi tenang saja bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini , ada beberapa penginapan cottage tepi pantai yang dapat disewakan bagi wisatawan yang ingin bermalam disini. Konon katanya kadar keasinan air di Danau Satonda ini dua kali lebih besar dari pada air laut, sehingga tanpa berenangpun kita bisa  mengambang dan tak tenggelam di permukaan danau, jadi yang gak bisa berenang jangan ragu-ragu buat nyoba, ayokesini  keren bukan hehe. Kurang lengkap rasanya tanpa selfie, iyah kalau itu gak usah diajarin lagi mungkin itu sudah jadi kewajiban saat berkunjung ke tempat wisata manapun. Jangan lupa berkunjung ke Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB.

0 komentar:

Posting Komentar